Tuesday, September 18, 2012

Permen Putu

Dari hari Jumat kemarin Mbul udah batuk-batuk hebat. Puncaknya hari Sabtu. Sampe akhirnya dia minum obat juga. Makanya wiken ini kami nggak jalan kemana-mana karena gue berusaha jaga kondisi Mbul. Soalnya minggu ini adalah minggu ulangan. Sehari ulangan tuh 2 mata pelajaran. Akhir bulan September ini udah ambil raport midsemester.

Hari Selasa harinya Mbul les di sekolah. Jadi selesai pelajaran sekolah, istirahat sebentar langsung les dengan guru walikelas dan di kelas yang sama. Jadi gue jemput ya pas pulang les. Gue bekelin Mbul nasi kuning buat dia makan siang pas jeda pulang sekolah dan les.

Pas nunggu Mbul pulang les, ada ibu temennya Mbul yang cerita kalo tadi liat Mbul dan Putu (sahabat Mbul di kelas) pergi ke kantin. Jrengjreng...Wah, Mbul jajan apa ya? Dia emang bawa uang, tapi bukan uang jajan. Itu uang yang gue siapin buat cadangan aja. Gue mulai mikir-mikir, gimana cara gue ntar ngorek si Mbul supaya dia mau cerita.

Ternyata sodara-sodari, anak gue nggak perlu dikorek-korek lagi, dia langsung cerita. Di motor dalam perjalanan pulang, dia nyerocos:

"Bunda, si Putu tuh nggak ngerti duit deh. Dia kan bawa uang lima ratus dua. Kan jadi seribu ya. Eh, masak dia mau beli susu yang harganya dua ribu lima ratus. Ya nggak dapetlaaahh. Terus dia mau beli minuman teh yang harganya seribu lima ratus, ya kuranglah duitnya

(Gue menimpali dengan o ya? terus? Sambil ngebayangin 2 anak ini di kantin yang celingukan nyari jajanan yang seribuan. Kasian juga ya). Lanjut ke ocehannya Mbul:

"Akhirnya Putu dapet beli air putih aja. Harganya lima ratus rupiah (makin medih gue dengernya). Abis itu kan sisa lima ratus tuh, Nda. Beli apalagi ya. Mbul tanya ke ibu yang jual kalo permen berapa harganya. Kata ibu yang jual kalo permen, lima ratus dapet dua. Ya udah, Putu ambil permen deh. Terus kita ke kelas. Tapi makan permennya sembunyi-sembunyi. Takut dimintain temen yang lain, soalnya kan permennya cuma dua. Putu ngasih Mbul permen. Mbul sebenernya pengen banget, Nda. Tapi Mbul takut Bunda marah. Soalnya kan Mbul lagi batuk. Aduuuhh gimana ya? Ya udah deh, permennya Mbul ambil tapi nggak Mbul makan. Nih ada di kantong. Nanti kalo udah sembuh batuknya, boleh ya Mbul makan permen ini?"

Meski alasannya takut dimarahin Bunda, tapi gue tetap bangga sama Mbul. Sebenernya kan bisa aja dia makan permen pemberian si Putu. Toh gue juga nggak tau.

Di atas motor, di depan kantor bank BCA Renon, gue bilang gini: "Mbul, bunda bangga deh sama Mbul. Soalnya Mbul udah makin gede. Mbul udah tau situasi dan kondisi yang lagi dihadapi. Mbul udah ngerti kalo batuk dan nggak boleh makan permen. Ada atau nggak ada Bunda, Mbul udah tau mana yang baik dan mana yang nggak. Harus gitu terus ya, Neng"

Gue berharap, Mbul makin gede makin tau mana yang baik dan mana yang nggak baik buat dirinya sendiri.


No comments:

Post a Comment