Tuesday, July 31, 2012

Wiken di Singaraja

Singaraja. Kota di utara Pulau Bali ini sebenernya pernah kami datangi akhir tahun 2010 lalu. Tapi karena dulu ada kejadian yang menyedihkan, semua rencana liburan bataaaaall. Jari Mbul kejepit pintu mobil dan penyebabnya adalah gue. Iya, gue nggak sengaja nutup pintu mobil saat jari mungil itu nangkring di tempat yang tidak seharusnya. Duh, kalo inget itu, sedih deh gue. Kami sampe harus ke 2 rumah sakit demi memeriksakan jari Mbul. Dan di kota kecil yang sama sekali asing buat kami, kejadian kayak begini bikin sutris banget. Sampe sekarang Mbul suka gimanaaaa gitu kalo kita ngomongin Singaraja.

Tapi akhirnya kemarin kami kembali ke Singaraja. Ceritanya ada temen kantor Romo yang merit. Jadi kondangan sekalian jalan-jalan deh. Atau jalan-jalan sekalian kondangan yaaa...hehehe...

Pulang sekolah langsung cabut. Pertamanya sih pengen coba nginep di Bedugul. Mau ngerasain udara dingin kayak di Puncak, Jawa Barat sono. Nyari-nyari hotel dari yang mahal sampe yang murah, nggak ada yang pas di hati. Sebenernya ada hotel, eh bukan hotel ding, tapi rumah. Iya, rumah gitu. Semalem 'cuman' 250rb. Tapi ternyata letaknya jaooohhh diatas bukit seberang danau Beratan. Mobil kami aja ribet bener lewatnya. Sebenarnya gue suka banget sama rumah ini. Meski terpencil tapi desain rumahnya 'barat' banget. Masuk rumah langsung dapur (ada perapiannya, lho), terus ruang keluarga, naik ke atas yang langsung ruang tidur gitu. Tanpa pintu. Dan di teras atas...pemandangannya WOW! Danau Beratan dengan Pura Ulun Danu dan pegunungan di sisi belakangnya, beserta suasana sebagian desa Candi Kuning. Bagus banget deh. Tapi kami nggak jadi bermalam di rumah itu mengingat akses yang sulit dan terpencil.

Dengan PD-nya, jam 5 sore kami cabut ke Singaraja. Mau bermalam di hotel Grand Wijaya, hotel tempat kami menginap dulu. Nyampe sana, ternyata hotel penuh! Wakkss...gak taunya, hotel-hotel selevel Grand Wijaya penuh semua karena lagi ada acara race road di Singaraja. Setelah cari sana sini, dapat juga Hotel Putri Sari. Itu juga memohon-mohon sama petugas hotelnya, sampe si petugas itu nelpon orang yang booking, jadi apa nggak ngisi kamarnya. Thanks GOD,  kamar bisa kami isi karena ternyata orang itu batal datang. Setelah mandi, langsung cari makan di kaki lima deket Hardys. Kenapa disitu? Karena disitu rame...hehehe...patokan standar kami kalo cari tempat makan: rame berarti enak (meski kadang suka nggak bener juga, uuugghh...). Namanya Depot Jakarta. Yang makanan cina gitu deh. Makanannya sendiri lumayan enak. Gue pesen gurame asem manis dan kangkung belacan.

Hari minggunya, kami misa di gereja Singaraja. Eh, malah ketemu temennya si Romo. Mampir dulu ke rumah si temen ini. Abis itu baru deh kondangan. Seneng deh gue kalo kondangan ke orang Bali. Soalnya pengantennya yang nyamperin kita gitu. Berasa beda aja sama kondangan pada umumnya, dimana pengantin dipejeng di depan. Kapan-kapan deh gue tulis tentang kawinan adat Bali ini.

Abis kondangan, kami langsung ganti kostum di pom bensin...hehehe...soalnya kan mau jalan-jalan.

Mampir deh di air terjun Gitgit. Pertamanya Mbul ngomel terus kenapa harus ke air terjun. Nanya terus kayak gimana air terjunnya. Eh, pas nyampe, dia seneng banget. Maen air soalnya. Dasar, bocah. Diajak pulang juga susaaaahhh.

Air terjun Gitgit sendiri menurut gue lumayan bagus. Meski ada-lah air terjun yang lebih bagus di Jawa Barat yang beberapa kali pernah gue kunjungi jaman muda dulu. Jalan dari parkiran menuju air terjun sekitar 600m. Sepanjang jalan setapak yang dilewati berderet toko-toko penjual suvenir dan pohon cengkeh. Ternyata disini memang perkebunan cengkeh gitu.

Dari Gitgit, kami langsung pulang ke Denpasar. Akhirnya, bisa juga liburan yang menyenangkan di Singaraja :)