Wednesday, July 11, 2012

Liburan - 2

Sabtu, 23 Juni
Dijemput bokap di stasiun Jatinegara jam 5 pagi. Seneng deh lewatin jalan di Jakarta saat fajar merekah kayak gini. Belom macet.
Nyampe rumah, kangen-kangenan sama nyokap dan adik bungsu gue. Biar cape, biasanya pas nyampe rumah, gue pasti ngobrol sama orang rumah sampe lamaaa...sampe lupa ngantuk. Setelah puas, baru deh gue tidur.

Minggu, 24 Juni
Paginya ke pasar ama nyokap dan Mbul. Sorenya misa di gereja Kranji dan pulang misa, makan seafood di pinggir kali. Pasar, gereja, dan warung seafood ini bikin gue gimanaaa gitu. Berasa deh, ini lho yang gue kangenin selain keluarga gue.
Gue mulai mendata apa aja yang harus didatengin dan dilakukan selama 2 minggu ini. Prioritas pertama sih ke dokter spesialis bedah. Ada bagian badan gue yang perlu diperiksa. Gue juga mau ke Mangga Dua buat beli kacamata. Terus mau ke kantor tempat dulu gue kerja. Mau kangen-kangenan ama temen-temen yang masih disana sekalian jualan kain endek...hehehe...terus mau nginep juga di rumah adik gue yang baru jadi. Gue juga harus ke rumah nenek gue dan oom-nya si Romo. Dan, meski gue nggak kepengen tinggal di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) toh gue juga harus bikin KTP elektronik demi status kependudukan gue. Terus gue juga mau reuni-reunian sama beberpa temen. Haduuuhh...cukup gak nih waktunya ya???

Selasa, 26 Juni
Ke dokter sama adik bungsu gue. Mbul di rumah. Sebenernya gue nggak terlalu kuatir sama pemeriksaan ini. Karena gue cukup yakin kalo bagian tubuh gue ini gak ada masalah. Tapi Romo maksa supaya gue cek lagi. Woke-lah. Dan ternyata si dokter bilang nggak apa-apa kok. Dan buat yakinnya, ya perlu pemeriksaan lebih lanjut. Tapi nanti aja-lah di Bali. Biar ada Romo juga yang nemenin. Sementara adik gue ke dokter mata buat cek buta warna. Syarat dia buat masuk fakultas teknik lingkungan.

Kamis, 28 Juni
Janjian sama 2 sahabat gue jaman kerja dulu di sebuah resto Vietnam di daerah Tebet. Ngobrol ngalor ngidul selama hampir 1,2 jam sambil makan Pho. Yang ada akhirnya salah satu dari mereka nemenin gue ke Mangga Dua buat beli kacamata.
Dari Tebet naik busway ke Kota transit di Semanggi. Duh, gue jadi berasa norak deh liat gedung-gedung tinggi di Sudirman...hehehe...Menyusuri jalan Sudirman-Thamrin di siang hari yang sibuk dengan busway, pantes ya orang daerah yang baru pertama kali ke Jakarta sedemikian takjub melihat kota metropolitan ini. Mungkin sama takjub-nya mereka sebanding sama norak-nya gue pas ngeliat pantai di Bali.

Jumat, 29 Juni
Reunian sama 2 sahabat jaman kuliah dulu. Kali ini di Metropolitan Mall dan sama Mbul. Jadi ceritanya nanti adik cewek gue jemput Mbul di mall buat diajak nginep di rumahnya. Yang ada, belum lama Mbul dan tante-nya pamit sama gue, mereka balik lagi ke resto tempat gue dan sahabat-sahabat reunian. Mbul katanya takut kangen Bunda. Halaaaahhh...rusak deh rencana. Akhirnya, kelar ngobrol-ngobrol ama temen-temen, gue ikut juga ke rumah adik gue itu. Jadi deh gue dan Mbul nginep di rumah baru si Tante.

Sabtu, 30 Juni
Dari rumah adik gue di Jatiwarna, siangnya bokap n nyokap jemput kami buat ke rumah tante gue di Ciledug. Tadinya kan mikirnya lewat tol JORR, bisa cepet tuh Jatiwarna-Ciledug. Tapiiiii...macet cet cet...malem baru nyampe rumah :(

Selasa, 3 Juli
Ke rumah nenek gue di Palmerah. Dari Bekasi naik kereta ke Tanah Abang tapi transit dulu di Manggarai. Naik keretanya sih cepet, nunggunya yang lama, uggghh...Nyampe di Tanah Abang, busyed dah...ruwet banget ya nih tempat. Buat jalan kaki aja susah benerrr...
Kami nginep semalem di rumah si nenek. Romo nyusurh gue ajak Mbul main ice skating di Mall Taman Anggrek di Grogol. Kata si Romo "mumpung deket". Emang deket, tapi macetnya yang bikin gue muales. Jadi Mbul di rumah aja main sama sepupu gue yang masih seumuran ama dia. Eh, siang-siang ada ondel-ondel ngamen di lapangan deket rumah nenek. Lengkap dengan alat musiknya dan lumayan lama show-nya. Lebih dari setengah jam. Mayan...hiburan murah meriah...hehehe...gini nih kalo liburan males jalan dan nggak mau keluar duit :)

Kamis, 5 Juli
Dari awal nyampe rumah nyokap, Mbul tuh paling nggak mau diajak main ke rumah Mbah-nya di Pondok Kelapa. Selalu mempertanyakan kenapa kita harus ke rumah si Mbah. Mbah ini Oom-nya si Romo, tempat dulu Romo tinggal selama merantau di Jakarta. Setelah di-paksa, meski ngomel-ngomel, mau juga Mbul ke rumah si Mbah. Dianter bokap yang sekalian jalan, nyampe deh kami di Pondok Kelapa siang. Eeeehh...yang ada Mbul keasyikan main sama ponakan-ponakan si Mbah yang lagi kumpul pada liburan. Karena pulang kemaleman, gue dan Mbul akhirnya dianter sama Oom dan Tante nyampe rumah Bekasi, deh.

Jumat, 6 Juli
Ke kantor Diknas di Jl. Sudirman. Ada yang harus gue urus. Duh, lewat Sudirman pagi-pagi dengan gedung-gedungnya yang tinggi menjulang, lalu lintasnya yang padat, dan orang-orangnya yang sibuk, sempat membuat gue tergoda untuk kembali berkarir lagi. Iya lho, berasa deh kepingin lagi menikmati masa-masa selesai kuliah dulu. Kerja di daerah Sudirman, dengan blazer dan sepatu kerja menenteng tas. Yaahh, mbak-mbak karyawati gitu deh.
Selesai urusan Diknas, langsung cabut ke mantan kantor gue di jalan MT Haryono. Ketemu sama temen-temen seperjuangan dulu. Sayang, udah banyak yang cabut. Jadi banyak yang gak gue kenal. Dan yang udah cabut pada nggak bisa datang reunian. Ya udah, bersama seorang teman, gue makan soto dan melepas kangen di Pasar Tebet, salah satu tempat bermain kami dulu kalo pas istirahat siang.
Gue juga sempet jualan kain Endek, kain tenun Bali. Temen-temen kantor sih pada bagus sambutannya. Kain gue laku 4 potong. Moga-moga yaaa serius nih usaha gue :)
Hari ini sepanjang hari di luar, Mbul rese banget. Gue ditelponin mulu. Haduuuh...Mbul, Bunda kan mau hepi-hepi bentar...

Sabtu, 7 Juli
Setelah kemarennya Mbul rese, hari ini dia sakit...huhuhu...Mbul sakit perut, terus muntah-muntah. Apa yang dimakan dan diminum keluar lagi. Gue telpon Romo ngasih tau keadaan Mbul, dan seperti biasa, Romo malah panik sendiri. Nyuruh gue ke dokter Rumah Sakit segala. Yang ada gue ke dokter keluarga yang deket rumah aja. Dokter tentara yang pernah dinas di Denpasar. Kata Opa Dokter, Mbul nggak apa-apa. Cuma common cold aja yang mempengaruhi pencernaan dia. Syukurlah...
Malemnya setelah Mbul bobo, kami sekeluarga pesta duren. Yup, pesta duren dalam rangka adik bungsu gue diterima di UI. Seneng deh si bungsu ini bisa tembus UI. Berarti dia doang diantara kami berempat yang bisa masuk universitas negeri...hehehe...

Minggu, 8 Juli
Mbul masih lemes, tapi udah nggak muntah lagi. Thanks God. Dan semakin lama, Mbul semakin membaik. Nafsu makannya malah lumayan heboh.

Selasa, 10 Juli
Pulang. Kembali ke Denpasar. Kembali ke pangkuan Pulau Dewata.
Dianter sama bokap n nyokap. Stress beraaaattt...jalanan macet cet cet...rrrggghhh...Terbang jam 18.00, check in jam 17.00 donk. Gue berangkat jam 14.00 dan ciiiiitttt..nyampe bandara jam 16.50! MENYEBALKAN!
Tapi kali ini seneng deh. Soalnya pas perpisahan sama emak n engkong, Mbul nggak mewek lagi. Dulu-dulu, duuuuhh...lebay deh meweknya. Sepertinya Mbul udah mulai gede. Udah bisa ngontrol emosinya.
Nyampe di bandara Ngurah Rai udah malem, dijemput sama Romo. Sampe rumah, iiiiihhh...seneeeeengg deh. Nggak tau kenapa, baru kali ini gue ngerasain kangen banget sama rumah ini. Baru nginjak terasnya aja, gue berasa gimanaaa gitu. Wangi dupa dari rumah tetangga sebelah bikin gue makin ngerasa rumah ini bener-bener ngangenin. Ditambah lagi keadaan rumah yang rapi jali. Tembok dapur yang di-cat lagi sama si Romo. Lantai yang bersih. Seneeeennngg...Welcome Home...

No comments:

Post a Comment