Monday, January 21, 2013

Kepergian Itu Menyedihkan...

Sejatinya, kematian itu adalah sesuatu yang pasti.
Hanya saja, kita tak pernah siap menghadapinya...

Siang itu, Minggu tanggal 13 Januari, pulang dari misa di gereja Kuta, kami langsung menuju Carrefour Sunset Road untuk belanja bulanan. Pulang belanja, karena di rumah gak ada makanan, maka gue usul makan di restoran Padang Sari Bundo, deket pantai Mertasari.

Restoran lagi rame sama kru maskapai Garuda yang baru pada turun dari bus. Jadilah gue antri bersama pramugari-pramugari nan sekseh, sementara Mbul dan Romo lebih memilih duduk. Nih restoran Padang emang bukan tipe yang menyajikan berpiring-piring makanan di meja, tapi antri di depan jejeran makanan dengan 2-3 orang pelayan.

Bosen nunggu (dan minder kalah cakep n sekseh sama pramugari), akhirnya gue ikutan duduk juga. Terus nge-cek BB. Lha, ada BBM dari sepupu gue yang masih SMP. Isinya : Emak meninggal, ci.

Tangan ini langsung gemetar. "Mo...emak ocho meninggal" kata gue dengan panik. Dengan nangis-nangis, gue telp sodara-sodara di Bekasi n Jakarta. Romo berusaha nenangin dan minta Mbul untuk menghibur gue. Dia sempet nelpon tante gue yang emang serumah sama si Emak Ocho. Tapi kayaknya keadaan disana lagi ribet jadi nggak jelas si tante ngomong apa. Adik perempuan gue sempet nelpon sambil nangis dan bilang lagi on the way ke Palmerah bareng bokap n nyokap. Gue juga sempet nelpon sepupu dan tante gue yang lain. Yang ada gue malah makin jadi mewek mendengar cerita langsung dari si Tante kalo Emak Ocho meninggal mendadak ketika lagi makan nasi tim. Rasanya baru kali itu gue nggak ada malu-malunya nangis di depan umum.

Emak Ocho adalah buyutnya Mbul, nenek gue, nyokapnya nyokap. Terakhir ketemu beliau pas liburan sekolah Juli 2012. Dan terakhir gue denger suaranya via telpon pas tahun baru-an kemaren. Dia masih sehat di usianya yang 81 tahun. Setiap hari kesibukannya adalah bantuin tante yang jualan kue. Dia masih nyuci baju sendiri meski ada PRT, bahkan menyambut tahun baru, dia semangat mau tahun baruan di Puncak. Emang sih bulan November 2012 dia sempet sakit sesak nafas dan dirawat di rumah sakit sekitar 4 hari. Gue sempet curhat sama Romo kalo gue takut sesuatu yang buruk terjadi sama beliau. Tapi nyatanya, beliau sembuh dan aktif lagi menjalani hari-harinya. Gue sendiri berencana suatu hari nanti mau ajak si Emak Ocho ke rumah gue di Bali sini.

Gue adalah cucu pertama beliau. Gue pribadi, merasa sangat dekat dengan beliau. Bahkan gue memanggilnya Mama. Ceritanya, dulu waktu bayi, gue sakit dan nangis berhari-hari. Ke dokter gak sembuh-sembuh, akhirnya dibawa ke "orang pintar". Dianjurkan, gue tidak boleh memanggil nyokap dengan sebutan Mama dan harus ada yang "memungut" gue. Jadilah nenek gue ini yang memungut gue. Setelah segala ritual dilaksanakan dan gue ditetapkan memanggil nyokap dengan sebutan "cici" dan memanggil nenek dengan sebutan "mama", ajaib...gue sembuh. Dan hanya gue dari sekian banyak cucu beliau yang punya panggilan istimewa itu.

Untuk ukuran nenek-nenek, beliau nggak bawel dan cerewet. Gue membandingkannya dengan sodara-sodaranya dan teman-teman seangkatannya, baik yang masih ada dan yang sudah meninggal. Dia ramah, penuh senyum, nggak pernah marah yang serius. Paling ngomel bentar terus ketawa-ketawa lagi. Pinter masak dan selalu nawarin makan siapapun yang main ke rumahnya. Yang terpenting, dia teman curhat yang baik dan dia tidak rasis. Ya, beliau seorang Tionghoa. Seorang keturunan Cina. Tapi beliau nggak pernah rese ketika gue pacaran sama cowok non Cina. Dia juga sangat merestui pernikahan gue dan Romo yang notabene orang Jawa. Dia juga dekat sama buyutnya, si Mbul. Waktu kami masih tinggal sama nyokap bokap, setiap Mbul ulang tahun, dia pasti datang menginap beberapa hari buat ngerayain ultah Mbul. Main dan becanda-becanda sama Mbul masih nyambung aja meski beda generasi.

Senin malam tanggal 14 Januari, kami terbang ke Jakarta. Langsung ke rumah duka Dharmais, tempat beliau disemayamkan. Gak ada air mata yang jatuh ketika gue melihat jenazahnya. Beliau begitu tenaaanngg...seperti cuma tidur.

Emak Ocho dimakamkan hari Rabu, 16 Januari 2013. Hujan yang mengguyur Jakarta di pagi hari berhenti ketika beliau berangkat dari rumah duka dan dimakamkan di tempat peristirahatan terakhir.

Selamat jalan, Emak Ocho...
Semoga Tuhan Yesus menerimamu di surga...
Semoga Bunda Maria selalu mendampingi langkahmu menuju kedamaian abadi...
We love U...

No comments:

Post a Comment