Sunday, June 24, 2012

Liburan

Liburan kali ini kami langsung terbang ke Jogja sehari setelah Mbul ambil raport. Pake acara dititipin 2 anak tetangga. Iya, jadi 2 anak itu ikut kami ke Jogja dengan pesawat dan eyang mereka menjemput di Bandara Adi Sucipto. Gue sih seneng-seneng aja dititipin bocah umur 12th dan 10 th. Udah pada gede-gede dan nggak ngerepotin juga. Lumayan, buat temen maen Mbul.

Sabtu, 16 Juni
Nyampe rumah Mbah, kami bertiga langsung ngeluyur. Makan rujak es krim di belakang tembok Pakualam, terus ke stasiun beli tiket kereta ke Jakarta, makan pempek di Malioboro, ke alun-alun selatan, terus ke makam Eyang. Pulang langsung teler kecapean.

Minggu, 17 Juni
Mbul dan Romo mancing di kolam pemancingan. Gue yang nungguin lama-lama bosen juga. Masih belom bisa deh gue tuh nikmatin yang namanya mancing :(

Senin, 18 Juni
Jalan-jalan ke Borobudur. Kami ngeteng naik Trans Jogja dari terminal Condong Catur ke terminal Monjali. Terus lanjut  ke terminal Borobudur dengan bis 3/4. Abis itu naik delman ke pintu masuk candi.

Emang sengaja ngajak Mbul naik angkutan umum gini. Biar dia ngerasain kayak gimana naik bis umum, gimana desek-desekan ama orang, gimana mesti waspada sama keadaan sekitar. Gue sempet nanya "enak mana naik bis apa naik si Ujang (kijang tua th '94, mobil dinas-nya Romo yang sering banget dicela sama Mbul karena body-nya yang jadul abeees). Mbul menjawab sambil nyengir "enakan naik si Ujang". Hmmmm...banyak-banyak bersyukur ya, neng...

Selasa, 19 Juni
Hari ini acaranya nonton film di bioskop. Mbul mau nonton Monster in Paris. Jadi deh kami ke Empire. Kesannya di Denpasar nggak ada bioskop yeee...Tapi emang iya sih. Setau gue bioskop di Denpasar di Mall Galeria doang. Mana di pojok pula letaknya tuh bioskop.

Rabu, 20 Juni
Nyekar ke makam Mbah di Wonosari. Lagi-lagi kami ngeteng naik bus kesana.

Dari Wonosari yang di gunung, turun ke Jogja, kami langsung ke mall Ambarukmo Plaza. Wiiihh...ternyata mall-nya gueeedee dan termasuk mewah yaaa? Iiiihh...norak deh gue. Kirain mall yang kayak gini adanya di Jakarta doang.

Di Ambarukmo Plaza ini kami nonton film lagi di bioskop. Kali ini nonto film-nya Garin Nugroho yang lagi booming, "Soegiya". Kirain bakal bikin Mbul bosen, secara katanya ini film perjuangan, arahannya Garin pula yang terkenal sama film yang banyak ngobrol-nya. Ternyata Mbul bisa menikmati tuh. Soalnya film 'Soegiya' ini banyak juga humornya dan menurut gue bagus juga ditonton sama anak seumuran Mbul. Karena banyak juga kata-kata yang bermuatan pendidikan moral.

Kamis, 21 Juni
Hari ini mengunjungi Museum Kereta di kompleks Keraton. Seru deh. Jadi tau, mana kereta yang dipake buat kawinan keluarga kerajaan, buat jalan-jalan, buat pelatikan raja, dan buat jenazah raja. Uniknya sebagian kereta disini dibuat di Belanda, padahal kayu-nya dari Indonesia juga.

Abis dari Museum Kereta, lanjut ke Keraton Jogja. Gue yang udah 3 kali (apa 4 ya???) masih belom bosen deh ke tempat ini. Sayang-nya, loket keraton tutup jam 13.30. Jadi banyak deh yang udah sampe depan loket pada balik lagi. Apalagi pas gue keluar dari Keraton, pas loket udah tutup, eh pas ada beberapa bis anak sekolah yang pada baru nyampe. Kasian kan pada jauh-jauh datang pada pulang lagi. Lagian juga yang datang kenapa nggak cari info dulu ya??? Halaaaahhh...pusing deh...

Jumat, 22 Juni
Main ke Benteng Vredeburg di ujung jalan Malioboro. Banyak yang baru di museum ini. Terutama diorama-diorama-nya. Kami juga sempetin naik dan berjalan-jalan ke atas benteng.

Ternyata di dalam benteng ada kafe yang baru diresmikam oleh Sultan HB X bulan April 2012 lalu. Kafe-nya enak deh. Di-desain klasik gitu. Jadi berasa kembali ke jaman kumpeni dulu. Harga menu-nya emang premium sih. Makanya gue n Romo cuman mesen jamu beras kencur doang, yang harganya goceng segelas...hehehe...plus Mbul mesen french fries yang 13 ribuan. Total jendral sama pajak n tip cuman 30 ribu. Lumayan bisa ngadem sambil ngeliatin peragawan n peragawati pada latihan jalan karena nanti malam mau ada pagelaran busana di kafe ini.

Malamnya, ke Jakarta berdua Mbul dengan kereta malam Taksaka. Ke kota asal gue yang sama sekali nggak gue rindukan dan nggak kepingin tinggal lagi didalamnya. Hanya keluarga, sahabat, dan makanannya yang gue kangenin dan membuat gue kembali ke kota ini.

Sementara Romo balik ke Denpasar naik bus besok karena hari Senin dia udah harus kerja.

bersambung...

No comments:

Post a Comment